Ukhuwah Islamiyyah

Ukhuwah dalam KhilafahUkhuwwah (persaudaraan atau persatuan ) ummat menuntut beberapa sikap dasar, yang akan mempengaruhi kelangsungannya dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Sikap-sikap dasar tersebut adalah :

a. Saling mengenal (ta’aruf)
b. Saling menghargai dan menenggang (tasamuh)
c. Saling menolong (ta'awun)
d. Saling mendukung (tadlomum)
e. Saling menyayangi (tarahum)

Ukhuwwah (Persaudaraan atau Persatuan) akan terganggu kelestariannya, apabila terjadi sikap-sikap destruktif atau malah mehancurkan persatuan itu sendiri(muhlikat) yang jauh dari akhlakul karimah contohnya :

a. Saling menghina (as-sakhriyah)
b. Saling mencela (al-lamzu)
c. Berburuk sangka (suudhan)
d. Saling mencermarkan nama baik (ghibah)
e. Sikap curiga yang berlebihan (tajassus)
f. Sikap congkak (takabbur)

Menurut arti bahasa dalam masalah ijtimaiyah atau pergaulan hubungan antar manusia, ukhuwwah dapat dijabarkan dalam hubungan sebagai berikut:

a. Persaudaraan sesama muslim ( ukhuwwah islamiyah, yang tumbuh dan berkembang Karena persamaan aqidah dan keimanan, baik ditingkat nasional dan internasional )

b. Persatuan nasional, yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran berbangsa dan bernegara.

c. Persatuan Solidaritas kemanusiaan, yang tumbuh dan berkembang atas dasar rasa kemanusiaan yang bersifat universal.

Ukhuwwah islamiyah dan persatuan nasional merupakan dua sikap yang saling membutuhkan dan saling mendukung keduanya harus diupayakan keberadaannya secara serentak, dan tidak dipertentangkan antara satudengan yang lain.

Nah dari ketiga jenis persatuan di atas tentu persatuan yang didasarkan atas aqidah dan keimanan merupakan ikatan yang paling kuat dalam merajut ukhuwah islamiyyah di seluruh dunia. Persatuan semacam ini hanya dapat ditegakan jika ummat islam bersatu dalam kepemimpinan serta menjalankan syariat Islam secara Kaffah berdasarkan Manhaj ( Jalan ) Rasulullah dulu yakni dengan membentuk negara Islam, Dauliah Khilafah Rasyidah. Allahu akbar ...

Setuju Tidak..???
SHARE

Tariq Kusuma

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog