Apa itu Joomla ?

Ini adalah postingan pertama tentang Joomla, so alangkah lebih baiknya jika kita mulai dengan mengetahui apa sih Joomla itu.
Berikut penjelasannya ...

Joomla adalah content management system (CMS) yang Open Source. artinya kita bisa meng-oprak-oprek CMS tersebut sebebas2nya dan Gratis. ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.

Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili (salah satu bahasa kebudayaan Afrika Timur ) yang mengandung arti "kebersamaan".

Contoh lain dari CMS diantaranya adalah Mambo, Drupal, Geeklog, Post-Nuke, dll.

Riwayat Joomla
Pada tanggal 17 September 2005, diluncurkan Joomla versi awal yaitu 1.0.0 yang merupakan versi alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh "Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005" yang hengkang dari Mambo.

Pemimpin Tim saat itu Andrew Eddie yang dikenal dengan sebutan "MasterChief" menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com. Tim pengembang kemudian membuat situs OpenSourceMatters untuk mendistrubusikan informasi ke pengguna, pengembang, desainer web dan komunitas lain pada umumnya.

Perkembangan Joomla berawal dari Joomla 1.0.0 sampai dengan tahap yang luar biasa yaitu Joomla 1.0.15. Namun seiring dengan perkembangan versi Joomla 1.0.x ini, sekitar tahun 2007 telah dimulai pengembangan Joomla 1.5.x yang memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan. Saat ini Joomla 1.5.x telah mencapai pada tahap Joomla 1.5.9.

Masing-masing punya daya tarik tersendiri, Joomla 1.5.9 menawarkan nuansa baru dan lebih modern termasuk dalam systemya. Sedangkan Joomla 1.0.15 lebih stabil dan terdukung oleh banyak aplikasi dan developer.

Pusing ??? ya memang ada bebepara Istilah yang gk dimengerti untuk orang awan, tp klo mau disingkat maka Joomla itu adalah suatu Software untuk membuat Website yang paling terkenal karena mudah digunakan, selain itu Joomla sifatnya bisa diotak-atik sesuka hati dan diakses dengan Gratis tanpa Biaya Royalti Apapun.

Masih bingung ? INTINYA KLO KAMU MAU BUAT WEBSITE KAMU BISA PAKE JOOMLA. !!!
Udah ya.... Lanjut ke PElajaran selanjutnya...
SHARE

Tariq Kusuma

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog