Cara Menghemat BBM

Gak peduli apakan BBM sekarang itu naik atau turun, murah atau mahal. Kita tetep punya kewajiban untuk menghemat penggunaan BBM, khususnya untuk kendaraan pribadi kita. Karena ( Seperti kata Buku kelas 4 SD ), BBM adalah jenis sumber daya Alam yang tidak dapat diperbaharui ( Unrenewable Resources ). Walaupun bisa diperbaharui, perlu waktu Jutaan tahun. Berikut beberapa tips dari TqR Revolution :


Pilih kendaraan yang hemat BBM. Nah bagi kamu yang baru mau pilih-pilih kendaraan coba pilih yang lebih hemat BBM. Referensi dari pabrikan mengenai jarak tempuh kendaraan dengan per liter BBM bisa jadi acuan. Kalo motor pilih yang 4 tak, truz mobil alangkah bijaksannya jika kita memilih jenis2 city car dibanding SUV atau Sedan.

Penggunaan AC. Saat memanaskan mobil, jangan nyalakan AC dan saat berkendara selalu perhatikan benar-benar apakah kita butuh AC. Sebab AC menyedot tenaga dari mesin sehingga akan menambah konsumsi bahan baker. Mobil dengan eksterior dan interior yang ringan memiliki temperature lebih rendah. Cukup nyalakan AC kalau benar-benar butuh, misalnya jalan2 ke Puncak atau kawasan pegunungan kayaknya sih nggak perlu nyalain AC.

Kecepatan. Kecepatan berkendara sangan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Ada dua mitos yang berkembang, yang satu bilang kalau mau irit jalan sepelan mungkin, ada yang satu lagi bilang jika mau irit jalan sekencang mungkin. Kedua mitos ini tidak tepat, karena yang harus diperhatikan bukanlah kecepatan kendaraan, tapi lebih kepada putaran mesin. Jaga agar putaran mesin seideal mungkin dan serendah mungkin. Jangan cepet emosian kalau lihat kendaraan lain menyalip.

Cara berkendara. Melaju dan mengerem secara tiba2 mengganggu penghematan bensin secara optimal. Membiarkan mesin tetap hidup pastinya menghabiskan lebih banyak bensin.

Service teratur. Rawat dan service kendaraan secara teratur. Ya walaupun kesannya mahal tapi sebenarnya ini adalah investasi yang baik untuk mobil kita, untuk menghindari ausnya mesin, dan repot2 malah Blow Engine ( Turun Mesin ). Sebab busi yang aus, rem yang tidak berfungsi bagus, dan oli yang jelek semua bisa mengganggu efisiensi bahan baker mobil.

Ada 250 bayi lahir setiap jamnya. Kita ucapkan selamat datang kepada mereka. Namun apakah mereka bisa menikmati apa2 yang kita nikmati sekarang.

Kita punya tanggung jawab untuk meninggalkan dunia ini, (minimal) sama seperti saat kita lahir kedunia ini.

Semoga bermanfaat
SHARE

Tariq Kusuma

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog