Mengetahui Jalur Alamiah Diri Kita dalam Menjalankan Bisnis


Akan lebih mudah kita memasukan baut ke dalam mur jika keduanya memang tepat. Kita tetap bisa memasukan baut ke dalam mur, walaupun keduanya berlainan jenis, namun kita perlu usaha yang lebih keras dan lama, juga nantinya hasil yang kita dapatkan tidak akan memuaskan.

Begitu pula dalam proses kita menjalankan bisnis untuk meraih kesuksesan yang kita inginkan. Alangkah amat menyenangkannya jika kita bisa melewati proses bisnis yang kita jalani dengan lebih mudah, lebih cepat dan menghasilkan output yang maksimal. Untuk itu kita perlu mengetahui jalur alamiah yang sudah ada pada diri kita sejak lahir. Nah untuk mengetahuinya kita bisa mengamati Diagram Roger Hamilton ( Motivator asal Inggris ), yang saya ambil dari buku Financial Revolution karya Tung Desem Waringin terbitan PT Gramedian Pustaka Utama.

Dari diagram Roger Hamilton terlihat beberapa tipe orang, dengan jalur alamiahnya sendiri-sendiri, berikut penjelasannya.

Mechanic adalah orang yang suka mengandalkan dan mengikuti sistem untuk menjadi kaya. Contohnya adalah Raymond Kroc, pemilik McDonals. Walaupun dia buka orang yang pertama kali membuat hamburger, ( bahkan McDonals sendiri merupakan ciptaan McDonals bersaudara, lalu dibeli lisensinya oleh Ray Kroc ), namun Ray lah yang menemukan suatu cara dan sistem untuk memasarkan hamburger yang luar biasa, sehingga McDonals berkembang pesat hingga sebesar sekarang. Ciri-ciri orang tipe ini adalah senang detail dan tekun dalam mengikuti sistem.
Creator adalah orang yang suka menciptakan hal baru dan menjadi kaya karena hal baru tersebut. Mungkin orang tipe Crestor paling sukses sepanjang masa adalah Thomas Alpha Edison, yang menemukan Ribuan Temuan, mematenkan sekitar 1.200 karya dan menjualnya lalu Kaya raya. Namun kalo kita ingin contoh Creator sukses masa kini, dia tentu adalah pemilik Apple Computer Inc, OS Machintos dan Studio Film Pixar yaitu, Steve Jobs. Dia berhasil menemukan iPod Nano, iPod Shuffle (yg bentuknya tak lebih besar dari jari telunjuk dewasa ), iPhone 3G, Laptop Apple MacAir yang amat Stylish dan Sexy, lalu membuat film dengan detail animasi yang luar biasa ( Toy’s Story, dll ). Crii-ciri tipe orang seperti ini adalah kreatif, inovatif, suka hal baru dan suka tantangan baru.

Star adalah orang yang mendapat kekayaan karena mengandalkan keahlian atau bakat khusus yang amat sulit ditiru atau diduplikasi oleh orang lain (eksklusif ), dan tempatnya tidak bisa digantikan oleh orang lain, seperti Aktor, penyanyi dll. Contoh, Keanu Reeves ( Pemain Film Trilogy Matrix ), Celine Dion ( Penyanyi ), Mike Tyson (Petinju), Ki Manteb Sudarsono (dalang), David Coverfield (Pesulap). Ciri-ciri tipe ini punya keahlian yang amat menonjol dibandingkan dengan orang lain dan membuat kekaguman orang lain, dan mempunyai keahlian untuk menarik perhatian orang lain, senang menjadi pusat perhatian dan nilai tambahnya sulit di duplikasi.

Support adalah orang yang mendapat kekayaan karena keahliannya untuk mendukung atau memobilisasi dan mengorganisasikan orang2 untuk satu tujuan. Contoh tipe Support yang paling sukses ialah CEO abad ke-20, Jack Welch (mantan CEO General Electric ). Bagi anda yang suka berorganisasi dan ingin menjadi Ketua Umumnya atau orang penting lainnya di organisasi yang anda ikuti anda mungkin termasuk tipe Support. Ciri2nya : memiliki jiwa kepemimpinan, suka memimpin, dan kemampuan managerial yang tinggi.

Deal Maker adalah orang yang mendapatkan kekayaan kerena keahlian untuk bernegosiasi dan mempertemukan dua kepentingan atau lebih. Cintoh, Li Ka Sing (konglomerat asal Hong-Kong). Ciri-ciri orang dengan tipe seperti ini adalah punya banyak teman, senang bergaul, jago meyakinkan orang, senang menjodohkan orang.

Trader adalah orang yang mendapatkan kekayaan karena keahlian berdagang. Contohnya George Soros. Banyak orang mengira bahwa dia adalah investor, padahal bukan. Dia adalah seorang pedagang sejati. Dia membeli di suatu tempat barang dengan harga semurah mungkin lalu mencari tempat untuk menjual barang tersebut dengan harga setinggi mungkin. Ciri2 nya: peka terhadap waktu dan keadaan pasar, perhitungan, tidak malu dalam berjualan, berorientasi untuk untung yang sebesar2nya, suka keuntungan cepat atau jangka pendek.

Accumolator adalah orang yang mendapatkan kekayaan dengan cara berinvestasi tanpa terlibat sehari-hari dalam bisnisnya, artinya tipe ini tidak memiliki bisnisnya secara seutuhnya.Contoh paling pantas menggambarkan tipe ini ialah, Warren Buffet (Orang terkaya ke-2 di Dunia ). Ciri2 orang tipe Accumulator ialah jago dan suka menganalisis angka, punya jiwa kepemimpinan, senang mengamati (tren, kondisi, peluang), suka berada di balik layar namun mengatur sepenuhnya, tidak emoisonal, tenang, suka keuntungan jangka panjang dan berkelanjutan.

Terakhir Lord. Adalah tipe orang yang mendapatkan kekayaan dengan cara mempunya banyak bisnis. Mungkin di Indonesia kita punya tipe Lord yang paling luar biasa yakni Liem Sioe Liong (mantan orang terkaya di Asia), Padahal (sebagai tambahan) ia datang ke Indonesia tanpa membawa apa-apa dia SENDIRIAN berlayar ke Indonesia, kabur dari China karena terjadi Krisis Politik, Kerusuhan, pembantaian etnis dan kelaparan yang berkepanjangan. Usaha pertamanya adalah berjualan kedelai, berkat bantuan paman jauhnya yang sudah terlebih dulu berdagang di Indonesia. Kini dia mempunyai bisnis yang amat beragam. Dari makanan (Bogasari), kontraktor, properti, hingga Perbankan (Bank BCA).

Sekarang mana jalur alamiah untuk Anda, satu jalur tidak lebih baik dibanding dengan jalur lain.

“ Kebahagian adalah keselarasan antara apa yang kita pikirkan dengan Apa yang sedang kita lakukan “
- Mahatma Gandhi -


SHARE

Tariq Kusuma

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog