Wikileaks: Iran Telah Dapat Rudal BM-25 dari Korut

Metrotvnews.com, Washington: Intelijen Amerika Serikat yakin Iran telah memperoleh rudal-rudal terdepan yang mampu menghantam Eropa dari Korea Utara. Begitulah menurut dokumen AS yang dibocorkan oleh Wikileaks dan dikutip oleh New York Times, Ahad (28/11).

Surat kabar itu, dalam kawat diplomatik tertanggal 24 Februari, mengatakan penilaian intelijen rahasia Amerika menyimpulkan bahwa Iran telah memperoleh sebuah tempat penyembunyian rudal-rudal terdepan, berdasarkan pada rancangan Rusia.

Iran telah memperoleh 19 rudal Korea Utara, versi R-27 Rusia yang telah ditingkatkan, dari Korea Utara, kata kawat diplomatik itu. Iran juga telah berusaha keras untuk menguasai teknologi sebagai upaya untuk mengembangkan generasi baru rudal.

Atas permintaan pemerintah Presiden AS Barack Obama, New York Times mengatakan mereka setuju untuk tidak mempublikasian naskah kawat diplomatik itu. "Versi rudal terdepan Korea Utara itu, dikenal sebagai BM-25, dapat membawa sebuah hulu ledak nuklir," kata surat kabar tersebut, yang menambahkan rudal itu memiliki jarak tembak hingga 2.000 mil atau lebih dari 3.000 kilometer.

"Jika ditembakkan dari Iran, rudal dengan jarak itu, menurut teori, akan melepaskan hulu ledaknya mencapai sasaran sejauh Eropa barat, temasuk Berlin. Jika ditembakkan ke arah baratlaut, hulu ledak itu dapat mencapai Moskwa," katanya, merujuk ke arah lainnya.

"Kawat itu mengatakan bahwa Iran tidak hanya memperoleh BM-25, tapi juga melihat teknologi sebagai cara untuk mempelajari bagaimana merancang dan membuat kelas mesin baru yang lebih kuat," kata Times.(Ant/BEY)
Blog REview Film dan Buku by Tariq Kusuma Toriq[dot]web[dot]id
SHARE

Tariq Kusuma

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog