Pendiri Wikileaks Kandidat Terkuat TIME Person of The Year

Metrotvnews.com, Jakarta: Seperti yang sudah-sudah, tiap akhir tahun majalah TIME selalu menobatkan Person of The Year. Siapakah kandidat terkuat tahun ini? Dalam situs Time.com, Julian Assange, pendiri situs pembocor dokumen rahasia, Wikileaks sebagai calon kuat.

Assange yang kini buron itu disebut-sebut sebagai whistle-blower atau peniup-pluit yang paling berpengaruh dalam membongkar skandal di era digital. Sebelum Assange memang sudah ada Daniel Ellsberg, yang terbatas membocorkan dokumen.

Berbeda dengan Assange, empat tahun lalu, dia mendirikan Wikileaks.org -yang domainnya kini telah dibunuh- dalam situs tersebut dia bebas membocorkan dokumen apapun secara maya. Penyiksaan tahanan Irak, peran ganda Pakistan di Afganistan juga email pribadi milik Sarah Palin.

Assange lewat Wikileaks telah membocorkan lebih dari 500.000 halaman soal perang Irak dan Afganistan, pada awal pekan lalu. Dia juga membocorkan 250.000 kawat diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat di dunia, termasuk di Indonesia. Tindakan Assange bukan tanpa kritik. Pemerintah Amerika Serikat menilai Assange telah membahayakan nyawa informan dan tentara.

Selain Assange, kandidat lain Person of The Year 2010 di antaranya, Perdana Menteri Inggris, David Cameron. Cameron dianggap mampu menjadi nakhoda ketika Inggris menghadapi badai ekonomi. Lalu ada Hu Jintao, pemimpin China yang berhasil menyalip Jepang sebagai kekuatan ekonomi dunia.

Selain pemimpin negara, ada juga pemain basket NBA, LeBron James, ada penyanyi Lady Gaga, pendiri Facebook Mark Zuckerberg, peraih nobel asal China Liu Xiabo dan para penambang Cile yang menyita perhatian dunia setelah terperangkap di dalam tanah selama dua bulan. (TIME/DOR)


Blog REview Film dan Buku by Tariq Kusuma Toriq[dot]web[dot]id
SHARE

Nino Niko

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog