Julian Assange: Saya Menikmati Menghancurkan Para Bajingan

Julian Assange, pendiri situs whistle-blower WikiLeaks yang saat ini menjadi pembicaraan ramai di seluruh dunia, mengatakan bahwa selama ini hasil kerjanya hanya didasarkan pada "visi lama" dalam mengungkap kebenaran. Ia juga mengatakan bahwa sumber-sumber berita lebih suka menyerahkan informasi mereka kepadanya daripada kepada media biasa, dan itu karena ia bisa melindungi mereka lebih baik. Berikut ini adalah petikan wawancaranya dengan RFE dan Spiegel yang telah disarikan.

Pernahkah Anda atau WikiLeaks menerima ancaman kekerasan atau tindakan hukum?

Anda tahu, sebagai organisasi yang serius kami kadang mendapat ancaman yang serius. Sehubungan dengan masalah ini, belum ada ancaman fisik. Sekarang, telah ada mata-mata, beberapa suara yang mengganggu yang keluar dari pemerintah AS.

Mengapa Anda memilih The New York Times, The Guardian, dan Der Spiegel sebagai media untuk membagi kebocoran-kebocoran itu?

Kami membuat janji kepada sumber kami: pertama, bahwa kami akan melakukan segala daya secara teknis dan hukum untuk melindungi mereka; kedua, bahwa kami akan memaksimalkan efek pengiriman yang mereka buat kepada kami, dan kami percaya bahwa kasus ini adalah salah satu cara untuk memaksimalkan efek tersebut.

Mengapa begitu banyak sumber penting memilih untuk memberikan informasi mereka untuk WikiLeaks, bukan kepada media mainstream lainnya?

Karena kami adalah spesialis. Kami adalah spesialis dalam melindungi sumber-sumber. Kami adalah spesialis dalam mendapatkan materi penuh untuk publik. Sekarang, media mainstream, telah memiliki semacam efek buruk di mana sumber diperlakukan sebagai sesuatu yang harus disimpan di teluk, bukan sebagai harta karun. Sumber memahami bahwa kami adalah yang paling dapat diandalkan, dari sudut pandang keamanan dan dari sudut pandang penerbitan.

Bagaimana Anda memosisikan WikiLeaks—apakah Wikileaks itu jurnalisme, aktivisme, atau apa?
Visi kami sebenarnya sangat kuno: untuk membuat keputusan yang masuk akal, Anda perlu tahu apa yang sebenarnya terjadi, dan untuk membuat keputusan, Anda perlu tahu dan memahami penyalahgunaan atau pelanggaran yang terjadi. Sebagai teknolog, kami dapat melihat bahwa reformasi besar datang ketika para pengambil keputusan publik bisa melihat apa yang sebenarnya terjadi.

Apakah WikiLeaks itu akuntabel? Anda menjalankan server Anda di negara-negara yang menawarkan perlindungan yang luas. Apakah WikiLeaks menganggap dirinya berada di atas hukum?

WikiLeaks tidak hidup di luar angkasa. Kami adalah orang-orang yang ada di bumi, di negara-negara tertentu, yang masing-masing memiliki satu set hokum tertentu. Kami telah menghadapi tantangan hukum di berbagai negara. Kami telah memenangkan setiap tantangan. Adalah pengadilan yang memutuskan hukum, bukan perusahaan atau jenderal. Hukum, seperti yang diungkapkan oleh konstitusi dan pengadilan, berada di pihak kita.

Anda mengatakan bahwa ada hubungan antara transparansi dan masyarakat yang adil. Apa yang Anda maksud dengan itu?

Reformasi hanya bisa terjadi ketika ketidakadilan dieskpos.

Apakah Anda manusia modern paling berbahaya atau yang paling terancam?

Orang-orang yang paling berbahaya adalah mereka yang bertanggung jawab atas perang. Dan mereka harus dihentikan.

Mengapa Anda memutuskan untuk melakukan proyek WikiLeaks?

Kita semua hidup hanya sekali. Jadi kita wajib memanfaatkan waktu yang kita miliki dan melakukan sesuatu yang berarti dan memuaskan. Ini adalah sesuatu yang saya anggap bermakna dan memuaskan. Itulah temperamen saya. Saya menikmati menciptakan sistem dalam skala besar, dan saya menikmati membantu orang yang rentan. Dan saya menikmati menghancurkan para bajingan. Ini adalah pekerjaan menyenangkan.
Blog REview Film dan Buku by Tariq Kusuma Toriq[dot]web[dot]id
SHARE

Tariq Kusuma

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tariq Kusuma's Official Personal Blog